Selasa, 14 Juli 2015

OBAT-OBAT TRADISONAL



OBAT TRADISIONAL
Oleh : Saprudin Ithur
1.       PUCUK JAMBU KELUTUK
Apabila tiba-tiba sakit perut dan mencret-mencret, sebelum terlalu parah obati dengan puncuk jambu kelutuk atau jambu karantukal. Caranya ambil pucuk jambu kelutuk tiga, lima atau tujuh buah dengan cara di patah bersama batangnya (tidak hanya daunnya saja), kunyah sampai halus, air kunyahan ditelan, apabila perlu kunyahan pucuk tersebut juga ditelan. Lakukan beberapa kali sampai terasa nyaman dan tidak sakit dan tidak mencret lagi.

2.       KAPUR SIRIH DAN MINYAK MAKAN
Sakit atau pembengkakkan dipangkal paha, disekitar bawah kemaluan. Kalau sudah terjadi sakit dan pembengkakkan semacam itu jalan terasa sakit, bahkan tidak bisa jalan sangking sakitnya. Penyakit ini dinamakan dengan Tampihaan. Obatnya kapur sirih atau kapur yang digunakan untuk menginang secukupnya dicampur dengan sedikit minyak makan/masak/goring. Dulu minyak makan yang digunakan adalah minyak makan atau minyak goring yang terbuat dari kelapa. Campuran kapur sirih dan minyak makan itu dipoleskan dengan merata di tempat yang sakit dan sekitarnya. Digosok-gosok dengan halus seperti diurut-urut dengan merata sampai kapur yang berwarna putih menitis dan hilang. Lakukan sehari beberapa kali sampai sembuh.

3.       BELAU
Belau adalah bahan pewarna pakaian warna putih, supaya putihnya bagus dan menjadi seperti baru. Sekarang hamper-hampir tidak digunakan lagi. Belau banyak dijual diwarung. Untuk mengobati penyakit monyet. Penyakit monyet adalah pembengkakkan dibagian leher bagian atas, bawah telingan sampai bawah dagu. Disebut Penyekit monyet karena seperti monyet menyimpan makanannya yang belum ditelan didalam mulutnya. Obatnya dengan belau. Belau di haluskan dicampur sedikit air, lali dioleskan kebagian yang sakit dan sekitarnya.

4.       SAMBUR PAMADDAS
Sembur atau di sembur, bahan  pemedas atau jahe merah dikunyah sampai lembut, tidak boleh dikeluarkan dari mulut. Disemburkan kekepala sekitar dahi dan atas kepala, kedada, dan belakang. Hasil semburan diratakan dengan tangan yang menyembur. Untuk mengobatai anak-anak yang suka menangis, agar tidak menangis lagi. Mengobati anak nakal, supaya tidak nakal lagi. Mengobati anak bodoh supaya jadi pintar. Dilakukan oleh orang yang berpengalaman, paranormal,  atau dukun. Tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

2 komentar: