Selasa, 02 Januari 2018

AMBIL CACING PASIR DI SAPA GUSUNGAN



Seorang nelayan Tanjung Batu Kec. Pulau Derawan sedang mengambil, menangkap cacing pasir di salah satu gusung tidak jauh dari ibu Kota Kecamatan Pulau Derawan di Desa Tanjung Batu, Sapa Gusungan namanya. Cacing itu sangat di gemari ikan, makanya cacing itu dijadikan umpan memancing ikan di laut dalam. Cara menangkap Cacing laut yang hidup di pasir tengah laut ini cukup unik, karena tidak semua orang yang bisa menangkapnya. Mereka nelayan penangkap cacing sangat paham melihat lubang-lubang kecil yang ada di gusung pasir itu. Setelah menemukan lubang kecil temapt cacing tinggal, lalu dicucuk pakai alat yang ujungnya ada besinya yang tajam, apabila ada cacingnya baru digali sedikit pasirnya untuk menarik dan menangkap cacing. Saat menarik cacing dari dalam pasir harus hati-hati dan penuh trik dan perasaan, kalau tidak cacing bisa putus dan cacing menghilang masuk dalam pasir lagi.
Menangkap cacing laut dalam pasir ini hanya bisa dilakukan pada musim air laut pasang besar dan surutnya air laut sampai gusung pasir timbul kepermukaan, saat itulah nelayan mencari dan menangkap cacing. Saat air pasang, atau malam hari mereka memancing dengan menggunakan umpan cacing laut itu.

Bagi Wisatawan yang ingin atau minat dan ingin sensasi menagkap cacing pasir gusung ini, hubungi saya di 0852 4951 8790, anda akan saya bawa bersama nelayan yang ahli menangkap cacing itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar